dwKOMQi3a4gh8Hee1hY6F_nqDcw Tanggapan Tantangan Pertanyaan | referensi makalah

Friday, October 25, 2013

Tanggapan Tantangan Pertanyaan

 Kesimpulan :

Menjadi seorang pengembang masyarakat membutuhkan beberapa kompetensi dan pengetahuan antara lain : proses pengembangan masyarakat merupakan pendidikan yang membebaskan yang mengajak masyarakat untuk berfikir kritis. Pengembang masyarakat merupakan pemimpin yang melayani, pemimpin yang memiliki motivasi yang besar untuk mengembangkan orang lain lebih focus untuk mengarahkan orang lain untuk mencapai potensi maksimalnya. Pengembang masyarakat dalam berhubungan dengan masyarakat menggunakan komunikasi assertif yaitu komunikasi terbuka tanpa adanya unsur membenarkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain. Dan tujuan utama pengembangan masyarakat adalah mengubah mindset masyarakat lebih mandiri.
 

Tanggapan :
      Saya berfikir bahwa yang membedakan masyarakat kita dan Masyarakat negara maju adalah mindset. Mungkin kebanyakan dari kita berfikir hidup lebih baik yang pasti2 saja, dan menerima apa adanya seperti kebanyakan kita lebih memilih bekerja di pabrik, jadi PNS, karyawan, pejabat, petani yang gitu2 aja, dan sebagainya.. Kita kurang memikirkan memiliki tujuan yang besar, terus menerus menjadi lebih baik lagi dan lagi. Jangan pernah puas dengan diri kita sekarang.(need inovation and creation)


Tantangan :
     Dalam pemberdayaan masyarakat mungkin hal tersulit adalah mengorganisir masyarakat. mengarahkan mereka tanpa mereka merasa diperintah atau digurui, membuat mereka melakukan sesuatu dengan kesadaran mereka sendiri untuk kehidupan mereka yang lebih baik. mungkin kebanyakan mereka sudah menerima kehidupan mereka yang seperti itu dan menolak/takut akan perubahan.

Pertanyaan :
  1. Jadi kenapa mindset kita terbentuk seperti ini?
  2. jika kita sebagai fasilitator, jadi sebagai apa kita menempatkan diri di masyarakat yang baru mengenal kita?
  3. dari tantangan diatas jadi bagaimana kita mengarahkan mereka tanpa mereka merasa diperintah atau digurui, membuat mereka melakukan sesuatu dengan kesadaran mereka sendiri?

(NB: ini hanyalah opini penulis, jadi mohon maaf jika ada yang salah)

No comments:

Post a Comment